Rektor Unja Terima Alat Tes PCR Bantuan Dari Singapura - Bentara Jambi

Jambi Terkini

Carousel

Rektor Unja Terima Alat Tes PCR Bantuan Dari Singapura

Kota Jambi - Wakil Walikota Jambi, dr. Maulana menyerahkan bantuan reagent atau alat pereaksi kimia untuk melakukan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) yang merupakan bantuan dari Temasek Foundation Singapura kepada Rektor Universitas Jambi, Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc.,Ph,D bersama Tim pada Kamis (21/5). 

Rektor Unja Terima Alat Tes PCR Bantuan Dari Singapura

Wakil Walikota Jambi, dr. Maulana mengatakan tes PCR baru tiba di Jambi dan langsung diserahkan kepada Unja untuk disimpan di Laboratorium FKIK Unja. “Bantuan tersebut langsung diserah terimakan karena reagent tersebut harus berada di suhu ruangan di bawah 7 derajat celcius, sehingga reagent yang baru tiba di Kota Jambi langsung diserahkan kepada Unja agar bisa disimpan di laboratprium FKIK, dimana tes PCR yang aan dilaksanakan yani di Laboratorium FKIK Unja tersebut,” ujarnya. Bantuan tersebut menurut Wawako tidak hanya diperuntukan bagi pasien Covid-19 di Kota Jambi namun untuk tes PCR pasien Covid-19 se-Provinsi Jambi.

Sementara itu, Rektor Unja Prof Sutrisno mengatakan dengan adanya bantuan reagent tersebut dalam waktu dekat tes PCR dapat dilaksanakan di Jambi. “Saat ini tim masih melengkapi peralatan pendukung untuk pelaksanaan tes PCR tersebut, hanya melengkapi peralatan pendukung, untuk alat dan bahan mayor sudah ada hanya peralatan minor yang akan segera dilengkapi,” kata Prof Sutrisno.

Selain itu Dekan FKIK, Dr. dr. Humaryanto mengatakan penyerahan serah terima hibah Pemkot Jambi berupa reagen PCR kepada pihak Unja sebagai upaya pihak-pihak dalam memutus penyebaran covid-19 di Provinsi Jambi melalui pendeteksi Covid-19 melalui pemeriksaan PCR. “Kerjasama dan kolaborasi kemanusian ini dalam rangka memutus penyebaran Covid-19 di Provinsi Jambi melalui upaya pendeteksian Covid-19 dengan pemerikasaan PCR terhadap sampel SWAB pasien PDP/Rapid Test (+) serta surveilans untuk mengetahui pola penyebaran Covid-19 di Provinsi Jambi,"ujar Dr. Humaryanto.

Selain itu ia juga menyebutkan kerjasama ini merupakan inisiasi oleh IDI Wilayah Jambi dengan menggandeng Pemerintah Provinsi, Dinas Kesehatan Provinsi, Pemerintah Kota Jambi, Universitas Jambi dan FKIK, BPOM, Labkesda dan RS Umum Raden Mattaher Provinsi Jambi. “Kesemua pihak mempunyai peran penting guna menyukseskan upaya pemutusan penyebaran infeksi Covid-19 seperti Pemprov dan Dinas Kesehatan memberikan hibah dana kepada pihak Unja untuk mengembangkan Laboratorium Biomal FKIK agar dapat melaksanakan pemeriksaan PCR secara aman serta anggaran untuk personal Lab, kemudian Dinkes Provinsi mengawal perizinan ke pusat agar Provinsi Jambi dapat melaksanakan pemeriksaan PCR secaa mandiri serta pemenuhan kebutuhan penunjang lainnya,”jelasnya.

Kemudian Unja dan FKIK menyiapkan serta melengkapi sarana dan prasana lab. Biomol yang sudah ada sehingga dapat melakukan pemeriksaan PCR, menyiapkan SDM Laboratorium baik Dokter maupun tenaga Labor, kemudian Pemkot Jambi, IDI, BPOM, Labkes, masing-masing memiliki peran penting untuk penanganan Covid-19 ini.

Sumber: Jambi One

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Breaking News