Lagi Dari Klaster Gowa, Jambi Tambah 15 Positif Corona - Bentara Jambi

Jambi Terkini

Carousel

Lagi Dari Klaster Gowa, Jambi Tambah 15 Positif Corona

Kota Jambi - Kasus positif corona di Jambi' hari ini' Sabtu (9/5/2020) bertabah 15. Kini total pasien postif corona di Jambi jadi 62 orang. Satu diantaranya sudah dinyatakan sembuh. Sementara 61 orang lagi dirawat di sejumlah rumah sakit rujukan di kabupaten dan kota.

Ada Lagi Dari Klaster Gowa, Jambi Tambah 15 Positif Corona

Tambahan 15 pasien baru yang terkonfirmasi positif di Jambi ini diketahui dari data yang dirilis di laman pusatkrisis.kemenkes.go.id pukul 16.00 wib. Di laman tersebut pasien postif corona di Provinsi Jambi tertulis 62 orang. Sebelumnya pasien postif di jambi tercatat 47 orang.

Tambahan 15 pasien baru ini merupakan rekor tertinggi penambahan kasus positif di Jambi dalam satu hari. Sebelumnya penambaham terbaru paling tinggi 11 orang. Belum ada konfirmasi dari gugus tugas provinsi Jambi. Tapi biasanya gugus juga provinsi baru merilis data terbaru perkembangan covid-19 di Jambi pukul 17.00 WIB.

Kota Jambi

Kota Jambi saat ini sudah menyumbangkan 15 kasus pasien positif Covid-19. Dimana terjadi penambahan sebanyak 1 kasus pada Sabtu (9/5).

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kota Jambi, Abu Bakar mengatakan pasien ke 15 tersebut berinisial DA, umur 32 tahun dan berjenis kelamin Perempuan. Ia tinggal di Kelurahan Teluk Kenali, Kecamatan Telanaipura. "Kondisi pasien sangat baik, dirawat di RSUD Raden Mattaher," katanya.

Abu Bakar menambahkan, pasien awalnya, diketahui saat memeriksakan pendarahan kandungannya di RS Baiturrahim. Karena standar protokol kesehatan Covid-19, tindakan medis terhadap pasien di RS dilakukan rapid tes, dan hasil rapid tesnya reaktif (IGM Reaktif dan hasil IGG Non Reaktif). 

Maka lanjutnya, kemudian pasien dirujuk ke RSUD Raden Mattaher, untuk dilakukan tindakan selanjutnya, dan sesuai juga dengan protokol kesehatan Covid-19, maka pasien positif rapid tes tersebut harus dilakukan uji Swab, dan pada hari ini hasil Swabnya turun dengan hasil positif Covid-19. "Sementara ini diketahui yang bersangkutan belum terindentifikasi ada kontak dengan cluster Gowa maupun kontak dengan pasien terkonfirmasi lainnya," tambahnya.

Abu Bakar mengatakan, saat ini pihaknya sedabg melakukan penyelidikan epidemiologi pada kasus. Tindakan selanjutnya dilakukan tracing lanjutan lebih dalam terhadap keluarga dan kontak lainnya, guna mengetahui penyebab terinfeksinya yang bersangkutan.

Sungai Penuh

Berdasarkan data dari Tim Gugus Tugas Provinsi Jambi Pasien yang terpapar Sungai Penuh, pada Sabtu (09/05) bertambah 5 orang. Dari data yang peroleh tersebut, Jemaah Tabligh yang Kontak dengan Pasien 02 asal Kayu Aro dan pasien 07 asal Pelayang Raya yang merupakan kloster Malaysia yang paling banyak yakni 4 orang. Sedangkan 1 orang riwayat pulang dari Bukit Tinggi. 

Jemaah yang kontak Pasien 02 dan 07 yakni PR (42), NM (38), AP (22), WS (26), sedang yang perjalan dari bukit tinggi MN (49). Semua jenis kelamin laki-laki. 

Hingga berita ini dipublis belum ada keterangan dari tim Gugus Tugas Sungai Penuh terhadap 5 warga sungai penuh terpapar Covid-19.

Muara Jambi

Disampaikan Wakil Ketua Satgas Covid 19 Muarojambi, Sekda Muhamad Fadhil Arief ada tambahan dua pasien baru terkonfirmasi positif Covid 19 yakni pasien 06, dan pasien 07. Untuk pasien 06, laki-laki, inisial AR (60), asal Kecamatan Sungai Gelam. Sedangkan pasien 07, laki-laki dengan inisial SS, (40) juga warga Kecamatan Sungai Gelam. "Pasien 06, dan 07 merupakan Klaster Gowa. Dengan demikian jumlah pasien terkonfirmasi positif uji SWAB di Muarojambi, total 7 orang," terangnya. 

Sekda Fadhil menambahkan, untuk keluarga pasien 06 sudah dilakukan tracing. Rapid test pertama terhadap keluarganya yang berjumlah 10 orang hasilnya negatif. Sementara, untuk pasien 07 baru akan ditracing dengan rapid test hari Senin besok. "Rencana hari ini tapi keluarga tak datang kendala hujan," tutupnya.

Sumber: Jambi One

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Breaking News