Layar 10bit Akan Jadi Standar Ponsel Masa Depan - Bentara Jambi

Jambi Terkini

Carousel

Layar 10bit Akan Jadi Standar Ponsel Masa Depan

Jakarta - Oppo Find X2 series yang diperkenalkan Maret lalu menggebrak dengan layar 10bit. Diyakini fitur ini akan jadi standar ponsel masa depan. Dominikus Susanto, Senior Manager Business Development Qualcomm mengatakan ketika ponsel dirilis dua dekade lalu, layarnya masih hitam putih. Kemudian berkembang menghadirkan 256 warna. Mengikuti kemajuan teknologi, layar ponsel pun meningkat menjadi 65 ribu warna. Selanjutnya menjadi 16 juta (8bit) warna yang kemudian menjadi standar ponsel sampai saat ini.

"Dan sekarang dengan adanya teknologi yang memungkinkan layar 10bit, saya yakin akan menjadi standar. Mungkin kalau saat ini masih diterapkan flagship, ini seperti awal-awal 8 bit juga diterapkan di high end," kata Dominikus saat berbicara di Qualcomm Snapdragon Academy.

Layar 10bit Akan Jadi Standar Ponsel Masa Depan

Sementara itu PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto mengemukakan kenapa pihaknya mengadopsi layar 10bit di saat belum ada vendor lain yang menerapkannya. Menurutnya saat ini 90% aktivitas di smartphone ada di layar, itulah kenapa pihaknya begitu fokus pada layar di Find X2 Series. "Kenapa 10bit? Karena sesuai dengan target marketnya. Perangkat inikan perangkat 5G Ready nantinya perangkat ini optimal ketika jaringan 5G sudah berjalan di mana banyak konten bersifat streaming dan video dan itulah kenapa kami menyajikan layar yang terbaik," katanya di acara yang sama.

Untuk diketahui kedalaman bit menentukan jumlah warna yang dapat tersaji di gambar diam ataupun video. Jadi setiap gambar terdiri dari saluran dasar merah, hijau, dan biru. Setiap saluran dapat menampilkan berbagai corak warna yang sesuai. Jumlah warna menentukan kedalaman bit gambar. Gambar kedalaman 1 bit berarti hanya ada dua corak warna per saluran warna. Untuk gambar kedalaman 3 bit ada dua pangkat tiga informasi warna atau total delapan warna per saluran.

Sementara gambar 8-bit berarti dua pangkat delapan warna untuk merah, hijau, dan biru atau ada 256 warna per saluran. Saat menggabungkan saluran-saluran itu kita dapat memiliki 256 x 256 x 256 kombinasi warna yang berbeda, atau kira-kira 16 juta. Nah gambar 10-bit dapat menampilkan 1.024 nuansa warna per saluran. Bila dikombinasikan ada 1 miliar lebih warna yang tersaji.

Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Breaking News